Demak- Babinsa Desa Mlaten Sertu Ari Prayitno anggota dari Koramil 05/Mijen Kodim 0716/Demak dan Bhabinkamtibmas Brigadir Kresnanda P. P., SH mendampingi Team Tracing dari Puskesmas Mijen I  di pimpin Bpk Asrofi melaksanakan tracing warga terkonfirmasi positif Covid -19 dan kontak erat di Desa Mlaten RT. 02 RW. 02 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Kamis 05 Agustus 2021.

 

Konsep pelacakan kontak dimaksudkan untuk memberikan respons cepat ke orang yang baru atau diduga terinfeksi dan mengawasi mereka dengan cermat. Langkah ini merupakan bagian dari pencegahan penyebaran virus lebih lanjut.

 

Tracing dilaksanakan di rumah warga (yang terkonfirmasi positif Covid-19, petugas medis mendata anggota keluarga yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dari hasil pemeriksaan swab antigen anggota keluarga yang mengalami kontak erat dengan pasien covid-19 yaitu suami,anak dan menantu dari sdri MDY( pasien positif covid-19) dinyatakan negatif. Sedangkan untuk hasil swab PCR masih menuggu hasil.

 

Selanjutnya petugas medis Team Tracing dari Puskesmas Mijen I  yang di pimpin Bapak Asrofi memberikan arahan kepada keluarga yang terkonfirmasi Covid-19 untuk melaksanakan karantina mandiri.

 

“Kita wajibkan bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar melaksanakan isolasi mandiri, jika selama pelaksanaan isolasi mengalami keluhan atau sakit agar segera menghubungi tim medis.

 

Pada kesempatan itu Babinsa Mlaten Sertu Ari Prayitno menghimbau kepada warga sekitar agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan melaksanakan anjuran 5M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

 

“Keterlibatan Babinsa dalam pelaksanaan penelusuran kontak erat Covid-19, sebagai tindakan percepatan penanganan kasus Covid-19”, pungkas Babinsa. Pendim 0716/Demak.